PROPOSAL MAGANG
MEMPELAJARI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
KEPADA
UNIVERSITAS GUNADARMA PADA BANK DKI

Oleh :
NICO FERNANDOS.
N
36413420
JURUSAN TEKNIK
INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
JURUSAN TEKNIK
INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA

MEMPELAJARI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
KEPADA
UNIVERSITAS GUNADARMA PADA BANK DKI
PROPOSAL MAGANG
Sebagai salah satu
syarat untuk melaksanakan
magang pada
Jurusan Teknik
Industri, Fakultas
Teknologi Industri,
Universitas Gunadarma
Oleh :
NICO FERNANDOS.
N
36413420
Disetujui,
Bekasi, Januari 2016
Irwan
Santoso
Dosen
Pembimbing Akademik
I. JUDUL
MEMPELAJARI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEPADA UNIVERSITAS GUNADARMA PADA BANK DKI
II. PERSONALIA
2.1
PELAKSANA : NICO FERNANDOS. N, 36413420
Mahasiswa Jurusan Teknik Industri,
Fakultas
Teknologi Industri,
Universitas
Gunadarma.
2.2
PEMBIMBING : IRWAN SANTOSO
Staf
Pengajar pada Universitas
Gunadarma,
Jakarta.
III. LATAR
BELAKANG
Pada
era globalisasi, perusahaan perusahaan berlomba lomba untuk memenangkan
persaingan dan mendapatkan keuntungan sebesar besarnya. Dengan semakin
meningkatnya kebutuhan dan permintaan masyarakat maka perusahaan harus dapat
menyediakan kebutuhan maupun permintaan tersebut agar tidak kalah bersaing
dengan perusahaan pesaing lainnya. Biasanya kebutuhan masyarakat tidak hanya
kebutuhan pada sebuah produk, tetapi juga kebutuhan akan jasa. Maka daripada
itu, persaingan tidak hanya pada perusahaan manufaktur yang menyediakan produk
saja tetapi juga pada perusahaan perusahaan yang bergerak menyediakan jasa.
Saat
ini banyak sekali perusahaan perusahaan penyedia jasa, dimana salah satunya
adalah Bank. Bank merupakan salah satu lembaga keuangan dimana menghasilkan
jasa keuangan. Perkembangan industri perbankan di Indonesia khususnya sudah
semakin maju sesuai dengan kebutuhan nasabah pada saat ini. Dan persaingan
dalam dunia perbankan pun semakin ketat, tidak hanya dengan sesama Bank dalam
negri teteapi juga dengan Bank Bank asing yang berpoerasi di Indonesia. Sampai
saat ini tercatat 128 Bank beroperasi di Indonesia, dengan 11 Bank asing, 26 Bank
milik daerah, 5 Bank milik pemerintah
dan sisanya adalah Bank - Bank swasta lainnya. Industri perBankan juga
mendapatkan persaingan dari perusahaan perusahaan penyedia produk investasi
lainnya, seperti perusahaan asuransi. Bank sebagai perusahaan yang menyediakan
jasa keuangan sangatlah bergantung pada pelanggan atau nasabah yang menggunakan
jasanya. Dimana mereka berusaha untuk mendapatkan nasabah sebanyak mungkin dan
mempertahankan pelanggan lamanya. Mengingat persaingan tersebut, sehingga
menuntut Bank untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi nasabah
nasabahanya baik memenuhi kebutuhan nasabah maupun pelayanan nasabah.
Salah
satu Bank yang sedang berkembang dengan pesat saat ini dan juga turut serta
meramaikan persaingan dalam industri perBankan
adalah PT Bank DKI. PT Bank DKI semula merupakan Bank milik pemerintah daerah
provinsi DKI Jakarta berbentuk perusahaan daerah berdiri di Jakarta dengan nama
“PT Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya”
sebagaimana termaksud dalam Perseroan Terbatas Perusahaan Bank
Pembangunan Daerah Djakarta Raya. PT Bank DKI menawarkan berbagai macam produk,
untuk jenis produk dana seperti (Tabungan Monas, tabungan SIMPEDA, TabunganKU,
giro dan deposito, kartu Jakcard), sedangakan untuk jenis kredit seperti
(kredit multiguna, kredit usaha kecil, kredit investasi, kredit modal kerja ,
kredit bangun karya , KPR Griya Monas, KUMK Monas. Bank DKI menyadari bahwa
salah satu produk yang mereka pasarkan masih terdapat banyak kekurangan,
termasuk minimnya sarana fasilitas seperti ATM dan penyearan kantor cabang.
Dengan perkembangan yang semakin pesat itu,
maka sebagai seorang mahasiswa harus bisa beradaptasi
terhadap
perkembangan tersebut, karena
itu dengan adanya magang (kerja praktek) dapat menjadi pengalaman yang
berharga. Karena mahasiswa dapat terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui aplikasi
dari ilmu pengetahuan yang didapat dari pendidikan formal dan mengetahui
perbandingan
antara pengetahuan yang didapat dari pendidikan
formal dengan pengetahuan yang didapat dari magang (kerja praktek) ini.
Keberadaan mahasiswa dapat juga membantu perusahaan menyelesaikan tugas-tugas yang sesuai dengan
kemampuan dalam dengan bidang dan
kemampuan mahasiswa
IV. Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah
dalam kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana tingkat pelayanan Bank DKI
saat ini?
2. Apakah tingkat kualitas pelayanan
Bank DKI sudah sesuai dengan kepuasan nasabah?
3. Adakah korelasi antara tingkat
kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah Bank DKI?
V. Pembatasan Masalah
Kerja praktek dan
pengambilan data hanya dilakukan
di Bank DKI Universitas Gunadarma, Jl. Akses
Ui, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Pengambilan
data ini dilakukan dengan cara mengamati dan menganalisa pekerjaan pada teller dan pegawai Bank DKI.
VI. Tujuan Magang
(Kerja Praktek)
Tujuan dari pelaksanaan magang (kerja praktek) ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui tingkat pelayanan
Bank DKI.
2. Untuk mengetahui tingkat kualitas
pelayanan Bank DKI sudah sesuai dengan
kepuasan nasabah.
3. Untuk mengetahui korelasi antara
tingkat kualitas pelayanan Bank DKI dengan
kepuasan nasabah.
VII. Kegunaan Magang (Kerja Praktek)
Kegunaan
dari magang
(kerja praktek) secara umum :
1. Untuk menerapkan hasil studi dan perbandingan antara teori yang diterima dan
dipelajari dengan
realitas
lingkungan kerja.
2. Diharapkan Laporan Magang ini
dapat
bermanfaat bagi
mahasiswa
dan
pembaca
yang ingin mengetahui tentang kualitas pelayanan Bank DKI.
VIII. Tinjauan Pustaka
8.1 Tingkatkan
Kualitas Pelayanan
Tingkatkan
kualitas pelayanan kepada dunia pendidikan, Bank DKI dan Gunadarma
menandatangani sejumlah perjanjian kerjasama strategis. Perjanjian kerjasama
tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono dan Rektor
Universitas Gunadarma, E.S Margianti di Depok, Jawa Barat. Meliputi penerbitan
dan pengembangan UG Smartcard untuk staff dan mahasiswa Universitas Gunadarma,
perekrutan lulusan Universitas Gunadarma untuk menjadi karyawan dan karyawati
Bank DKI, program magang dan riset mahasiswa dan mahasiswi Universitas
Gunadarma di Bank DKI, pembentukan dan pengembangan bank mini di Universitas
Gunadarma serta perjanjian mengenai pembayaran uang akademik dan lainnya secara
online.
Direktur Utama Bank DKI, Eko
Budiwiyono menjelaskan bahwa kerjasama strategis antara Bank DKI dengan
Universitas Gunadarma tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan
transaksi perbankan kepada mahasiswa dan staff Gunadarma serta mendukung visi
Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan
komunikasi terkemuka di Indonesia.
Melalui perjanjian kerjasama tersebut,
mahasiswa Universitas Gunadarma dapat melakukan pembayaran secara online di
seluruh kantor layanan Bank DKI. Selain itu mahasiswa Universitas Gunadarma
dapat menggunakan UG SmartCardnya sebagai ATM Bank DKI, kartu akses, kartu
absensi, kartu perpustakaan, dan kartu pembayaran (e-purse). “Selain itu kartu
UG Smartcard juga dapat dipergunakan sebagai kartu JakCard Bank DKI, jadi bisa
untuk pembayaran transportasi Busway Transjakarta”.
Bank DKI pun dalam waktu dekat akan
menempatkan sejumlah bank mini di berbagai kampus Universitas Gunadarma.
Sebagai PTS yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), fasilitas
bank mini akan dilengkapi dengan berbagai modul pelatihan dengan berbagai jenis
teknologi Electronic Banking yang sudah dan akan dikembangkan di Universitas
Gunadarma. Pada oktober tahun lalu, Bank DKI dan Universitas Gunadarma sudah
merealisasikan bank mini di kampus TB Simatupang.
Pengembangan Sumber Daya Manusia, Eko
Budiwiyono menuturkan perjanjian kerjasama ini sangat strategis sifatnya.
Selain peningkatan kualitas pelayanan transaksi perbankan, Bank DKI turut
menggandeng Universitas Gunadarma untuk pengembangan sumber daya manusia.
Mahasiswa Universitas Gunadarma dapat melakukan riset dan magang disejumlah
kantor Bank DKI, sementara Bank DKI membuka kesempatan bagi lulusan Universitas
Gunadarma untuk berkarir di Bank DKI.
“Pengembangan sumber daya manusia
khususnya fresh graduate dari universitas ternama seperti Universitas Gunadarma
menjadi penting, mengingat rencana ekspansi Bank DKI di tahun ini dan
tahun-tahun mendatang”. Rektor Universitas Gunadarma S.E Margianti mengharapkan
dengan adanya perjanjian kerjasama strategis ini, Universitas Gunadarma semakin
dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh mahasiswanya dan
meningkatkan value dari Universitas Gunadarma. “peningkatan kualitas kurikulum
pendidikan, transaksi pembayaran semakin mudah, serta meningkatkan penerimaan
lulusan Universitas Gunadarma menjadi tenaga kerja yang professional dan
diminati berbagai industri termasuk industri perbankan seperti Bank DKI.
IX. TATA LAKSANA
9.1 WAKTU
Kegiatan magang (kerja praktek) akan dilaksanakan pada tanggal 01
Februari
2016 sampai 20 Februaru 2016
9.2 LOKASI
Lokasi magang yaitu Bank DKI Universitas Gunadarma, Jl. Akses Ui, Cimanggis,
Kota Depok, Jawa Barat.
X. METODOLOGI
Metodologi yang digunakan dalam magang ini adalah :
1.
Studi Lapangan
Meliputi pengamatan, peninjauan dan melihat langsung
proses produksi, serta wawancara pihak
terkait dan
dilanjutkan dengan menyusun
laporan.
2.
Studi Pustaka
Meliputi
pengambilan rujukan-rujukan laporan
dari berbagai
buku
pada perpustakaan
kampus,
perusahaan dan lain-lain yang menunjang.
XI. LAPORAN
Laporan pelaksanaan magang akan disusun dalam bentuk laporan tertulis setelah
kegiatan selesai dilaksanakan dengan
bimbingan dosen pembimbing
XII. RENCANA JADWAL KEGIATAN MAGANG (KERJA
PRAKTEK)
PADA
BANK DKI UNIVERSITAS GUNADARMA, JL. AKSES UI,
CIMANGGIS, DEPOK.
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Minggu 1
|
Minggu 2
|
Minggu 3
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
1.
|
Pengamatan Kualitas Pelayanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Technical Quality
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Search Quality
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Experience Quality
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Credence Quality
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Functional Quality
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Corporate Image
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengumpulan Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
|
3
|
Mengecek ulang kelengkapan
data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar